Search

Tips Membuat Rumah Dingin dan Sejuk Tanpa AC

Beberapa hari ini banyak orang mengeluhkan suasana di Bali yang makin panas. Kejadian ini terjadi karena di Bali sedang menghadapi fenomena yang mengakibatkan kenaikan suhu yang cukup signifikan. Yaitu fenomena pergerakan semu matahari. Fenomena ini membuat siang hari menjadi lebih lama hingga 30 menit dibandingkan malam hari. Karena siang hari yang lebih lama, di musim penghujan ini suhu udara juga diprediksi akan lebih panas hingga di atas 30 derajat. Fenomena ini juga membuat matahari akan terbit sekitar pukul 06.20 WITA, sedangkan terbenam pukul hingga 18.40-18.50 WITA. Dan suhu bisa mencapai 28-32 derajat celcius. Fenomena seperti ini sudah terjadi sejak Desember 2018, dan diperkirakan akan kembali normal pada Maret 2019. Nah untuk teman pembaca yang mulai tidak betah dirumah, kami mau ngasih beberapa tips biar rumahnya gak kerasa panas lagi


Suhu di Bali meningkat sampai Maret 2019

Biarkan Pintu Rumah Terbuka

Biarkan pintu rumah terbuka sesering mungkin. Hal ini untuk menjaga agar sirkulasi udara agar dapat selalu berganti. Dengan cara ini, selain kamu akan selalu mendapatkan udara segar, ruangan pun akan selalu sejuk dan dingin.


Matikan Peralatan Elektronik yang Tidak Dibutuhkan

Matikan barang-barang elektronik yang tidak digunakan, seperti TV atau komputer karena barang-barang tersebut akan mengeluarkan suhu panas pada saat digunakan.


Gunakan Exhaust Fan

Fungsi dari Exhaust Fan adalah untuk membuang udara panas yang naik didalam ruangan keluar rumah seperti setelah anda melakukan kegiatan masak memasak di dapur, ataupun menyalakan mesin pemanas air di kamar mandi.


Ganti Lampu di Ruangan

Singkirkan lampu pijar dan pernah beralih ke CFL, atau lampu neon. Lampu pijar mengeluarkan sekitar 90 persen dari total energi yang ada ke dalam panas saat digunakan.


Cat Warna Cerah Pada Rumah

Hiasi rumahmu dengan warna-warna cerah pada cat dinding di ruanganmu. Warna gelap akan membuat panas menyerap lebih cepat pada ruangan dibandingkan dengan warna terang, karena sifatnya yang akan memantulkan panas.


Perhatikan Material Bangunan di Rumahmu

Perhatikan lagi material bangunan dirumahmu. Banyak material yang bisa mengakibatkan rumahmu menjadi lebih panas dan tidak nyaman ditinggali. Atap adalah salah satu material penting di dalam menciptakan kenyamanan didalam rumah. Atap adalah bagian yang tertimpa oleh sinar matahari secara langsung dan sangat penting untuk mempertimbangkan pemilihan material penutup atap yang mampu memantulkan sinar matahari, dan bukan menyerap panasnya. Contoh jenis atap yang baik adalah genting dengan bahan keramik. Hindari material genting dari beton ataupun seng, karena sifatnya yang tidak mampu untuk memantulkan panas.


Konsep Rumah Terbuka

Konsep rumah terbuka bisa kamu contoh sebagai solusi mengatasi udara panas di dalam rumah. Contohnya adalah rumah tradisional joglo yang dapat digabungkan dengan arsitektur rumah panggung. Bentuk desainnya yang menggunakan pemanfaatan ruang dan udara akan memberikan sirkulasi udara yang akan terus mengalir didalam ruang.


Renovasi untuk Jangka Panjang

Buat renovasi jangka panjang Jika kamu sungguh berkomitmen untuk membuat rumahmu lebih nyaman untuk ditinggal., Kamu bisa membuat beberapa renovasi untuk membuat rumah tetap dingin. Misalnya renovasi pada plafon rumah menjadi lebih tinggi. Mempunyai plafon yang tinggi akan membuat aliran udara didalam ruang dapat mengalir lebih leluasa, dan plafon yang rendah pastinya akan membuat terasa lebih pengap. Atau dengan melapisi kaca anda dengan kaca film karena mereka bekerja sama dengan tirai menolak cahaya matahari.

Atau kamu juga bisa merubah letak jendela rumahmu. Jika kamu memilih material ataupun posisi peletakannya yang salah didalam ruangan, akan berdampak pada temperatur didalam rumah yang akan menjadi terlalu panas dan jauh dari kenyamanan untuk tinggal didalamnya. Hindari untuk merancang peletakan jendela pada sisi bagian rumah sebelah barat, karena akan terasa panas di siang dan sore hari. Jangan lupa konsultasikan dengan ahlinya sebelum kamu memutuskan untuk merenovasi rumahmu.


Bagaimana semeton? Semoga tips ini berguna untuk kamu, terutama buat yang sedang kepanasan dirumah. Jika ingin mencari bahan bangunan berkualitas di Bali, ataupun ingin berkonsultasi, Graha Kita 18 selalu siap menjadi tempat untuk kamu memilih bahan bangunan yang tepat untuk bangunanmu. Kami bertindak sebagai supplier dan distributor material dan konsultan interior terbaik di Bali, sehingga persediaan sudah pasti lengkap dan banyak pilihan tersedia di toko kami.


#grahakita18 #tipsrumahsejuk #tokobangunanbali #distributormaterialbali #interiordesignerbali #konsultaninteriorbali

0 views

© 2018 by GrahaKita18. Proudly created with Wix.com.

JAM BUKA

Senin-Sabtu 08.00-17.00

Minggu         08.00-14.00

MENERIMA PEMBAYARAN DENGAN